PENANGANAN BALAPAN LIAR DI JL RAYA MLONGGO




Masalah kenakalan remaja saat ini, sudah merambah ke desa-desa. Dan dampaknya juga semakin di rasakan oleh masyarakat. Salah satunya kegiatan adalah Balapan liar di Jalan raya. Balapan liar di jalan raya ini dilakukan anak-anak yg beranjak dewasa, seumuran SLTP/SLTA.

Setiap malam jumat dan malam minggu sepanjang jalan raya Mlonggo, di mulai dari lampu lalu lintas Blok M (Blok Madrasah) sampai depan Masjid Baiturohman (ngemplak) merupakan arena balapan. Daerah ini lebar dan lurus, dan juga pusat kuliner di mlonggo. Maka tak heran jika sejak jam 21.00, maka daerah ini penuh dengan anak nongkrong menunggu adanya balapan.

Masyarakat yang sudah mulai terganngu dengan kegiatan ini mulai bertindak. Disamping bising knalpot motor juga ketakutan warga akan bahaya kecelakaan yang dapat menimpa siapa saja. Maka sejak jam 20.00 wib masyarakat Jambu, di pimpin langsung oleh Pj Petinggi Jambu Bapak Rokhim, SE, MM. Mengadakan rapat koordinasi lapangan. Rapat malam itu di dukung oleh jajaran Polsek Mlonggo, Koramil Mlonggo dan Tokoh agama dan masyarakat sepanjang jalan raya tersebut.

Dalam arahan polsek Mlonggo yang di sampaikan oleh Kasi Um Aiptu Budi Manto, menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan masyarakat dan ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. “ Personil Polsek yang 24 orang akan sangat kewalahan jika tidak mendapat dukungan dan bantuan masyarakat’ demikian penjelasan Aiptu Budimanto.

Dalam rapat koordinasi lapangan yang bertempat di Trotoar di ambil keputusan :
1. Menangkap Pelaku balapan/ sepeda motor dengan kenalpot bising untuk diamankan ke Polsek.

2. Setelah jam 23.00 para pemuda yang masih nongkrong tanpa ada tujuan yang jelas akan di suruh pulang ( di bubarkan),  Saat masih rapat lapangan,  para peserta rapat sudah di suguhi tontonan balapan liar, maka tak lama setelah itu peserta rapat membuat Zona / pos pemantauan balapan, dan hasilnya 7 motor yang di duga sering digunkan balapan atau akan balapan atau yang mengunakan knalpot bising dapat diamankan ke polsek setempat.  Masyarkat berharap kegiatan ini dapat di tingkatkat sehingga tidak terjadi lagi balapan liar di daerah ini.