LAUNCHING DESA JAMBU SEBAGAI DESA BERBASIS IT



DESA JAMBU LAUNCHING

DESA BERBASIS INFORMASI TEKNOLOGI

Insya Allah, Pada hari Senin tanggal 28 September 2015, Desa Jambu,salah satu desa yang ada di Kecamatan Mlonggo melauncing (membuka dengan resmi ) pengunaan IT sebagai media kerja untuk melayani masyarakat. Insya Allah Hadir dalam launching tersebut Kepala Dinas Kominfo Kab. Jepara, Camat Mlonggo, Ketua BPD, Ketua LKMD, Petinggi serta para perangkat desa. Dengan jaringan wifi yang sudah terpasang sejak awal 2015 desa jambu terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengunakan media web/blog untuk menjadi data base informasi desa. Saat ini web desa jambu dapat di akses di  www.pemerintahdesajambu.blogspot.com  yang telah mempunyai 450 laman (halaman web/data). Sedang email desa jambu di : desajambukecamatanmlonggo@gmail.com  




 Salah satu inovasi pemerintah desa Jambu dalam pelayanan terhadap masyarakat di hadirkan Komputer sentuh (touchscreen) di pintu masuk kantor balai desa. Monitor touchscreen yang terkoneksi dengan internet ini digunakan sebagai :
1. Media sumber informasi bagi masyarakat yang membutuhkan data desa maupun info apa saja dari jagat maya.
2. Sebagai Media pelayanan mandiri masyarakat, artinya masyarakat dapat membuat sendiri surat yang di butuhkan dari computer ini, karena formatnya sudah di sediakan dan printnya akan muncul di meja tata usaha (untuk di beri nomor agenda dan ditindaklanjuti),  dengan syarat membawa surat pengantar dari RT.
3. Sebagai buku tamu desa. Masyarakat yang datang ke desa wajib mengisi buku tamu lewat monitor touchscren ini. Tinggal isi nama,  pilih alamat  dan jenis pelayanan yang sesuai.
4. Sebagai  media  menampung keluhan, masukan dan kritik  dari masyarakat terhadap pelayanan dan kinerja pemerintah desa jambu.
5. Sebagai absensi Petinggi dan perangkat desa. Data ini sebagai rujukan awal atas akan berlakunya reward and punishment di lingkungan pemerintah desa Jambu.

Semua ini dapat diwujudkan berkat adanya kerja sama yang erat /sinergisitas antara pemerintah Desa Jambu dengan LKM / KIM (Lembaga Komunikasi Masyarakat / Kelompok informasi Masyarakat ) “PIJAR” yang terbentuk enam bulan terakhir ini. LKM adalah lembaga yang konsen terhadap informasi di dunia internet, pengaruh dan manfaatnya dalam masyarakat. Demikianlah upaya-upaya pemerintah desa Jambu dan LKM dalam rangka menuju era akuntabilitas dan memberikan pelayanan yang terbaiknya untuk masyarakat.